Kasubbag TU Buka Kegiatan Al-Qur’an Camp MTs. Alkhairaat Ternate


Kasubbag TU Buka Kegiatan Al-Qur’an Camp MTs. Alkhairaat Ternate

Ternate,- Rabu (06/03) Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Maskur Sapsuha mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ternate membuka Kegiatan Al-Qur’an Camp bagi Siswa Kelas IX (Sembilan) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Alkhairaat Kota Ternate.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari dari Rabu sampai dengan Jumat, 6 sampai 8 Maret 2024 di Asrama Haji Transit Ternate.

Kegiatan yang diikuti oleh 106 Siswa kelas IX ini mengusung tema “Meningkatkan Profil Siswa Taqwa Melalui Budaya Literasi Al-Qur’an Menuju Generasi Berakhlak Berprestasi”.

Adapun Kegiatan Al-Qur’an Camp ini meliputi Asesmen Madrasah Mata Pelajaran PJOK, Program Tahfidz Qur’an dan Qiyamul Lail.

Kasubbag TU, H. Maskur dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Al-Qur’an Camp ini merupakan program nasional dan khusus untuk Madrasah, Kementerian Agama telah mencanangkan beberapa tahun lalu. Hal ini menjadi model untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi permasalahan terkait proses Pendidikan, sejauhmana proses ini telah berjalan, apakah sesuai dengan yang diharapkan.

Lebih lanjut H. Maskur juga mengungkapkan terkait asesmen madrasah ini didalamnya juga termasuk beberapa literasi, yakni literasi membaca dan literasi budaya. “membaca itu penting karena membaca adalah jendela ilmu dan persoalan sosial dan budaya juga merupakan hal yang penting di Lembaga Pendidikan karena didalamnya ada akhlak, bagaimana kita mampu beradaptasi dengan lingkungan”, ungkapnya.

“Kepada para guru agar dapat terus memberikan motivasi dan dukungan serta membentuk anak-anak didik dengan akhlak yang baik”, pesannya.

H. Maskur juga menyampaikan atas nama Kepala Kantor menyampaikan ucapan terima kasih kepada MTs. Alkhairaat yang telah melaksanakan kegiatan Al-Qur’an Camp ini, semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada semua untuk selalu dekat dengan Al-Qur’an.

Diakhir sambutannya, H. Maskur mengutip apa yang pernah disampaikan Kakanwil H. Amar Manaf bahwa “Jangan pernah tinggalkan Al-Qur’an karena dengan Al-Qur’an itu pikiran kita akan lebih jernih, hati akan lebih tenang dan selalu berprasangka baik kepada orang lain, terlebih kepada Allah”.

Sementara itu, Kepala MTs. Alkhairaat Ternate, Sidik Limatahu menyampaikan tujuan dari kegiatan ini untuk mengevaluasi program Tahfidz yang dilaksanakan di Madrasah dan diharapkan kegiatan spiritual siswa seperti Qiyamul Lail dialami oleh siswa Ketika bersekolah di MTs. Alkhairaat Ternate.

Hadir dalam acara pembukaan ini, Pengawas Madrasah Rahma Abubakar, Kepala MTs Alkhairaat Ternate, Kepala MI Al-Maarif 1 Kota Ternate, Para Guru dan Staf MTs. Alkhairaat Ternate.



Berikan Komentar

Silahkan Tulis Komentar Dalam Formulir Berikut Ini (Gunakan Bahasa Yang Santun). Komentar Akan Ditampilkan Setelah Disetujui Oleh Admin.