MTs Alkhairaat Ternate Umumkan Kelulusan dan Wisuda Tahfidz


MTs Alkhairaat Ternate Umumkan Kelulusan dan Wisuda Tahfidz
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara H. Amar Manaf saat sambutan pada Wisuda Tahfidz, Pengumuman Kelulusan dan Pelepasan siswa Kelas IX MTs Alkhairaat Ternate

KBRN, Ternate : Wisuda Tahfidz, Pengumuman Kelulusan  dan Pelepasan siswa Kelas IX MTs Alkhairaat Ternate tahun pelajaran 2022 – 2023 berlangsung di aula Mina Asrama Haji Transit Ngade Ternate

Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah 103 siswa mengikuti Asesmen Madrasah dinyatakan Lulus 100 persen dan Siswa yang menyandang predikat Tahfidz sebanyak 53 siswa dari 103 siswa.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara H. Amar Manaf pada pelaksanaan wisuda mengatakan, Amanah yang diberikan orang tua kepada para guru dalam mendidik para siswa telah diselesaikan dengan baik, sehingga para siswa dapat lulus dan mengikuti wisuda.

”Tidak hanya selembar kertas atau ijazah yang diberikan tetapi lebih dari itu telah memastikan anak-anak MTs dapat membaca Al-Qur’an atau dapat mengaji,” ujar H. Amar Manaf.

Sebuah keberhasilan yang sangat besar kata H. Amar Manaf, karena tidak semua jenjang pendidikan mampu melaksanakan hal seperti ini, yang bisa memberikan kepada masyarakat selembar kertas berupa ijazah atau keterangan lulus, tetapi semua dapat di wisuda dan memastikan para siswa dapat membaca Al-Qur’an atau dapat mengaji dan sholat.

Disampaikan terima kasih kepada seluruh Kepala Madrasah serta Dewan guru 

Kepada orang tua dengan adanya perkembangan teknologi dan kondisi saat ini keputusan memasukan anak di Madrasah merupakan keputusan yang tepat yang dapat melahirkan anak yang memiliki karakter dan menanamkan budi pekerti serta akhlak, karena tidak hanya kepintaran tetapi anak harus selalu taat kepada orang tua dan selalu bersujud kepada Allah.

Kakanwil Kemenag Maluku Utara mengajak kepada para siswa untuk belajar terus sehingga dapat menjadi seorang pemimpin, karena melalui Madrasah telah banyak melahirkan pimpinan yang memiliki akhlak dan berkualitas.

Sementara itu Plt. Kepala Kantor Kemenag Kota Ternate H. Ridwan Kharie yang Juga Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku Utara berharap kepada para siswa yang telah lulus dan diwisuda untuk terus belajar dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan dapat menjadi pemimpin di masa depan.

Kepala Pondok Pesantren Alkhairaat Ternate Habib Muhammad Ridha Assagaf menyampaikan terima kasih kepada Kepala Sekolah dan semua guru yang telah berusaha dengan sabar mendidik para siswa sehingga berhasil lulus dan mampu membaca Al-Qur’an.

”Keberhasilan yang dicapai tidak sampai disini karena waktu untuk meraih keberhasilan masih panjang, sehingga teruslah belajar dan membaca Al-Qur’an serta terus semangat dan jaga kesehatan juga selalu taat kepada orang tua,” ujar Habib Muhammad Ridha Assagaf.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Ternate Sidik M. Limatahu kepada rri.co.id Sabtu (10/6/2023) usai wisuda mengatakan, siswa yang mengikuti Asesmen Madrasah tahun 2023 sebanyak 103 dari 104 siswa dan Berdasarkan Rapat Dewan Guru MTs Alkhairaat  telah dikeluarkan Keputusan Kepala Madrasah nomor 176 tahun 2023, maka 103 siswa dinyatakan Lulus sedangkan 1 siswa yang tidak ikut dan tidak Lulus. 

”Dari 103 siswa yang dinyatakan lulus tersebut terdapat 53 siswa atau  51 persen siswa yang berhasil menyandang kategori Hafidz Al Qur’an. Ini mengalami peningkatan dari tahun lalu sebanyak 46 siswa dan 96 Peserta Ujian Madrasah atau 48 persen,” ujar Sidik M. Limatahu.

MTs Alkhairaat Ternate dalam tahun 2022/2023 kata Sidik M. Limatahu menampung siswa sebanyak 322 siswa. Jumlah ini melebih kuota 34 siswa dari seharusnya cukup pada 288 siswa, jika terdapat 9 Rombongan belajar. Dan saat ini 2023/2024 MTs Alkhairaat telah mendata siswa baru 117  dinyatakan diterima dari kuota 96 siswa. Ini menunjukkan banyak Orang tua Menjadikan Alkhairaat Kalumpang sebagai Pilihan Utama dalam Pendidikan anak mereka.

Pada Wisuda tersebut juga memberikan Tauziah Habib Ahmad bin Said Assagaf yang juga dihadiri Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Ternate Hj. Nailah Baksir dan Pengawas Madrasah Rahma Abubakar.

Dalam pelaksanaan Wisuda tersebut hadir bersama para Siswa dan juga Orang Tua siswa yang diwisuda berjalan lancar.



Berikan Komentar

Silahkan Tulis Komentar Dalam Formulir Berikut Ini (Gunakan Bahasa Yang Santun). Komentar Akan Ditampilkan Setelah Disetujui Oleh Admin.