Peringatan Hari Santri di Kota Ternate Berlangsung Khidmat dan Meriah


Peringatan Hari Santri di Kota Ternate Berlangsung Khidmat dan Meriah
Sekda Kota Ternate Jusuf Sunya saat menjadi Pembina Upacara pada peringatan Hari Santri (Dok.RRI)

KBRN, Ternate : Peringatan Hari Santri tahun 2022 Tingkat Kota Ternate dilaksanakan Sabtu (22/10/2022) di halaman Pondok Pesantren Alkhairaat Kalumpang Ternate dengan Pengibaran Bendera Merah Putih diikuti para santra dari Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Negeri maupun Swasta yang ada di Kota Ternate.

Pelaksanaan Peringatan Hari Santri tersebut bertema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan dengan pembina upacara Sekda Kota Ternate Jusuf Sunya berlangsung meriah dihadiri Forkompinda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ternate Amir Tomagola dan jajarannya serta para Kepala Sekolah Madrasah se-Kota Ternate dan para peserta upacara menggunakan Baju Koko dan Kain Sarung. 

Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutan tertulis dibacakan Sekda Kota Ternate Jusuf Sunya mengatakan, santri dalam sejarah selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika indonesia memanggil santri tidak pernah mengatakan tidak, santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan Negara. Santri sekarang telah merambah ke berbagai bidang profesi dengan bermacam keahlian bahkan menjadi pemimpn Negara.

”Meski bisa menjadi apa saja, satri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap prilakuknya. Bagi santri agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan,” ungkap Menteri Agama.

Peringatan Hari Santri kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bukan milik santri semata, tetapi milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air dan mereka yang memiliki keteguhan menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Karena itu semua masyarakat Indonesia merayakan Hari Santri dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.

Pada upacara peringatan Hari Santri Tingkat Kota Ternate juga diisi dengan tarian daerah dan tarian samra oleh para santri dari Pondok Pesantren Alkhairaat Kalumpang Ternate.