Peserta ANBK Dituntut Harus Mampu Menjawab Semua Soal


Peserta ANBK Dituntut Harus Mampu Menjawab Semua Soal
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ternate H. Amir Tomagola saat membuka ANBK di MTs Al-Khairaat Ternate

KBRN, Ternate, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) mulai Senin (18/9/2023) selama dua hari berlangsung pada sejumlah Sekolah di Kota Ternate baik itu di SMP maupun Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Untuk Madrasah Tsnawiyah Al-Khairaat Kalumpang Ternate kegiatan ANBK dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ternate H. Amir Tomagola dipusatkan di Halaman Pondok Pesantren Al-Khairaat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ternate H. Amir Tomagola pada kesempatan itu mengatakan, Kepercayaan yang diberikan kepada para peserta ANBK agar dapat dihayati dan dimaknai dengan baik sebagai peserta didik yang terpilih harus mampu menjawab semua soal dengan baik dan benar.

”Dibaca, dipahami dan dijawab dengan sebenar-benarnya semua soal ANBK, karena dengan cara ini saya yakin akan dapat menjawab semua soal dengan benar,” ucap H. Amir.

Selama menempuh pendidikan kata H. Amir Tomagola kewajiban kita adalah belajar dengan demikian tiada hari tanpa belajar dan tiada waktu berhenti untuk belajar, karena itu maksimalkan dan mantapkan kegiatan belajar mengajar.

”Tidak saja di sekolah kita belajar tetapi di rumah juga dapat menggunakan waktu dengan baik untuk belajar,” ujar H. Amir.

Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Kalumpang Ternate Sidik Limatahu kepada rri.co.id mengatakan, pelaksanaan ANBK Gelombang pertama ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari ini dan besok diikuti 45 peserta dan 5 cadangan dari 50 siswa.

”Soal pada hari pertama meliputi literasi dan survei karakter dan pada hari kedua dengan soal Numerasi dan survei lingkungan belajar serta pengawas dalam ANBK darii  MTs An’nur dan MTs Baabuljannah,” kata Sidik. 

Pelaksanaan ANBK ini juga dipantau langsung oleh Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Ternate H. Ruslan Mustafa.